07Jan

Mari Mengenal Anatomi Tubuh Bagian Lidah Dan Cara Kerjanya

Lidah mempunyai 8 anggota yang mempunyai fungsi berbeda-beda. Lidah sendiri ialah salah satu indra yang sering terlupakan kegunaanya oleh kebanyakan orang. Seandainya kita mempunyai lidah yang tidak berfungsi dengan maksimal, maka kita sebagai manusia tidak dapat membedakan mana rasa pahit, asin, manis dan sebagainya.

komponen lidah mempunyai keistimewaan jika dibandingkan dengan bagian anatomi tubuh lainnya. Keistimewaanya yaitu kemampuan mengecap rasa dan mengucap vokal. Karakter lidah ialah memiliki otot serta dilapisi dengan selaput lendir. Lidah memiliki 8 komponen yang fungsinya berbeda-beda. Berikut ini bagian lidah serta kegunaanya:

1. Lidah Pada bagian Atas Berguna untuk Mengecap Rasa

Bagian atas lidah bentuknya seperti huruf V. Lidah bagian atas adalah bagian pertama kali yang menyentuh berbagai makan ketika proses makan dilakukan. Jadi, tidak aneh jika pada bagian atas lidah mempunyai fungsi utama untuk menmengecap rasa.

Pada bagian atas lidah mempunyai dua bagian, yaitu posterior dan anterior. Posterior adalah bagian lidah yang bagiannya menjadi puncak lidah dan tubuh lidah. Sedangkan anterior adalah bagian pucuk lidah hingga ujung lidah. Keduanya lidah tersebut mempunyai fungsi yang sama-sama penting ketika proses pengecapan berbagai rasa.

2. Akar Lidah Sebagai Penggerak Lidah

Seperti namanya, akar pasti berada pada bagian bawah. Akar lidah tepatnya berada antara rahang bawah lidah dengan tulang hyoid. Orofaring berfungsi sebagai tempat duduknya belkang bagian akar lidah. Akar lidah sendiri memiliki fungsi menggerakkan lidah ke kiri, kanan, atas dan bawah. Apabila tidak ada akar lidah, lidah tidak bisa digerakan.

3. Tubuh Lidah Berfungsi untuk Mencicipi Berbagai Rasa

Tubuh lidah mencakup 2/3 dari semua bagian lidah. Tubuh lidah mempunyai permukaan yang tidak halus yang diberi nama papila lingual. Fungsi papila yaitu untuk memudahkan mengecap berbagai rasa dari makanan. Batang tubuh lidah meliputi papila posisinya dikepung oleh permukaan anterior serta gigi lateral.

Papila memiliki 4 macam yang dibedakan menurut kinerja serta bentuk. Dibawah ini empat macam papila yang terdapat pada tubuh lidah manusia:

Papila fliform, ciri-ciri papila ini ialah berbentuk kerucut serta banyak dijumpai di lidah. Letak papila fliform memiliki keunikan dikarenakan berada dalam barisan yang rapi dan dapat sejajar.

apila fungiform ini bisa mengidentifikasi rasa asam serta manis. Selain itu, papila fungiform juga berfungsi untuk melakukan sensasi ketika makanan dan minuman menyentuh lidah. Papila fungiform mempunyai pendeteksi minat yang berada di tiap-tiap permukaan.

Papila poliate, yaitu papila yang posisinya berada di seluruh sisi lidah. Papila poiate mempunyai ciri-ciri berkumpul di dalam 2 kelompok.

Papila sirkumvalata, karakternya ialah memiliki bentu, dapat terangkat, serta mampu dilihat oleh mata tanpa bantuan alat lainnya. Papila ini memiliki bentuk mirip huruf V dan ada di bagian belakang lidah. Pada bagian lidah manusia, papila sirkumvalata normalnya ada tujuh hingga 12 lidah manusia. Masing-masing bagian papila sirkumvalata mempunyai ribuan sensor berbagai rasa.

4. Amandel [ataupun\atau] Tonsil

Amandel faktanya ialah suatu komponen lidah. Amandel berfungsi sebagai tameng pertama kali manusia dalam melakukan proses proteksi [badan manusia. Maknanya, amandel sangat berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh manusia. Jika sistem kekebalan tubuh gampang terganggu, kemungkinan amandel anda kurang berfungsi dengan baik.

Amandel akan mudah dilihat apabila kalian membuka mulut. Akan kelihatan benjolan yang mnempel pada dinding mulut. Walaupun tampak seperti berada terpisah dengan lidah, akan tetapi faktanya amandel merupakan satu kesatuan dengan lidah.

Bentuk ukuran amandel bisa tambah membesar tergantung dengan usia orang tersebut. Akan tetapi, jika ukuran amandel terlalu membsar, maka dapat mengganggu pencernaan makanan yang masuk ke dalam mulut. Terdapat beberapa dari kalian barang kali pernah mendengar penyakit amandel.

Jika penyakit amandel diderita oleh orang yang sudah dewasa, rata-rata dokter akan mengangkat amandel tersebut dari manusia. Tetapi, jika yang mengalami penyakit amandel ialah anak-anak amandel tidak akan diambil. Alasannya karena apablia amandel di angkat, maka anak tersebut akan mudah terkena penyakit dikarenakan salah satu hal pembantu kekebalan tubuh akan lenyap.

5. Adenoid untuk Melawan Infeksi

Adenoid ialah bagian dari lidah yang berguna untuk memerangi infeksi, sehingga apabila terdapat kuman dan bakteri dicap lidah, adenoid ini yang bertugas untuk melawan kuman serta bakteri tersebut. Guna adenoid ialah sebagai benteng dari penyakit yang datang dari udara yang dihirup melewati hidung.

Cara kerja adenoid yaitu dengan memproduksi antibodi serta menangkap macam-macam penyebab infeksi stonsiloeperti bakteri serta virus. Adenoid juga biasa disebut tonsil adenoid dikarenakan termasuk bagian yang tidak bisa terpisahkan dengan amandel.

Adenoid terdapat pada dinding belakang, tepatnya di tengah nasofaring. Adenoid akan terus bertumbuh dan membesar dari mulai bayi sampai umur empat tahun. Sesudah melewati masa itu, adenoid akan mengecil dan bahkan akan menghilang pada saat umur 12 – 13 th.

6. Kuncup Lidah Pengecap Rasa Manis, Asam, Asin, dan Pahit

Kuncup lidah adalah struktur lidah secara keseluruhan yang berada pada bagian pemukaan lidah. Kuncup lidah memiliki fungsi sebagai pengecap rasa Manis, Asam, Asin, dan Pahit. Karena banyaknya rasa yang dirasakan oleh kuncup lidah, maka ini membuktikan bahwa organ lidah ini sangat bermanfaat untuk manusia.

Kuncup lidah sangat berfungsi apa lagi bagi para chef pada saat mendeteksi, sehingga dapat membantu pembuat resep dalam menemukan formula rasa yang sempurna. Fakta lainya tentang kuncup lidah adalah bahwa bagian lidah ini dapat merasakan 300 selera rasa yang beda-beda. Disamping itu, lidah manusia dewasa sedikit lebih sensitif tentang selera rasa jika dibanding lidah manula dan anak kecil.

7. Bagian Frenulum

Frenulum yaitu organ lidah yang memiliki bentuk seperti lapisan tipis, jaringan yang mempunyai fungsi sebagai penghubung antara lidah serta dasar mulut. Bagian lapisan sangat tipis, bahkan orang pada umumnya tidak bisa mengetahui frenulum dengan organ lidah lainnya.

8. Otot Lidah Berfungsi Sebagai Motorik atau Penggerak

Otot mempunyai fungsi untuk menggerakkan anggota tubuh. Bisa jadi itu otot tangan, kaki, bahkan lidah. Bahkan berdasarkan beberapa penelitian, otot lidah ialah otot paling kuat yang dimiliki manusia. Otot lidah dibagi menjadi 2 berdasarkan gunanya, berikut ini jenis-jenis otot lidah:

Bagian Otot ekstrinsik, manfaat otot ekstrinsik yaitu untuk mengubah posisi lidah, misalnya dari posisi terlipat ke kondisi menjulur, atau sebaliknya

Bagian Otot intrinsik, manfaat otot intrinsik lidah adalah untuk merubah bentuk lidah, perubahannya mempunyai natural dan tidak dapat disengaja

Itulah pembahasan sehat afiat tentang bagian-baian lidah dan gunanya. Informasi yang disediakan diambil dari macam-macam sumber terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *