03Dec

Cara Menulis Artikel Bahasa Inggris Yang Baik

Cara menulis artikel bahasa inggris dengan baik tentu banyak di cari oleh masyarakat pada umumnya. Pasalnya bahasa inggris sudah menjadi bahasa internasional yamg wajib untuk kita pelajari. Penggunaan bahasa saat anda membuat artikel berbahasa indonesia dan inggris tentu berbeda.Pada dasarnya, artikel bahasa Inggris memiliki struktur yang serupa dengan artikel Indonesia. Untuk itu disini kami akan membahas tentang struktur dan tips yang akan mudah anda terapkan dalam penulisan artikel bahasa inggris.Kemampuan berbagai bahasa memang di zaman modern seperti sekarang ini sangat diperlukan. Terutama bahasa inggris yang sudah menjadi bahasa international di seluruh dunia. Bayangkan jika anda lancar dalam berbahasa inggris, ketika anda mengunjungi negara lain anda tidak perlu menyewa jasa penerjemah untuk menemani anda kemana mana. Pasalnya jika anda tidak bisa berkomunikasi dengan masyarakat disana tentu akan menyulitkan untuk anda. Dan tentunya jika anda menggunakan jasa penerjemah menambah lagi biaya yang perlu anda keluarkan ketika berlibur. Dengan mempelajari bahasa inggris tentu membuat anda lebih mudah untuk melakukan perjalanan keluar negeri.

Struktur artikel bahasa inggris yang harus diperhatikan

Setiap penulisan artikel tentu memiliki aturan dan struktur yang harus anda penuhi. Dimana pada penulisan artikel bahasainggris ada beberapa struktur yang harus terdapat didalamnya. Untuk itu disini kami akan membahas beberapa struktur yang harus ada dalam pembuatan artikel.

  1. Judul, dalam pembuatan judul untuk artikel akademik, atau scientific, format umumnya adalah simple dan jelas. Tetapi untuk artikel lain yang tidak kaku seperti tentang musik atau hiburan, judul harus bisa menarik perhatian seperti semacam tag line/catchphrase.
  2. Isi pembukaan umumnya terdiri dari dua kalimat, dimana kalimat berupa complex sentences atau compound sentences. Jadi beberapa ide dapat digabungkan dalam 1-2 kalimat. Kata penghubung linkers atau connectors bisa digunakan untuk membentuk complex dan compound sentences, dan sebaiknya digunakan sekali saja untuk menghindari resiko kesalahan penulisan yang tinggi.
  3. Isi paragraf dapat terdiri lebih dari 1 paragraf. Tergantung konten dan jenis artikel. Namun yang penting disini adalah tipe-tipe penempatan kata yang umum digunakan untuk jenis-jenis pendekatan yang berbeda.

Tips mudah membuat artikel bahasa Inggris

Dengan artikel bahasa Inggris anda memiliki penargetan pembaca yang lebih luas. Masyarakat kebanyakan takut untuk membuat artikel berbahasa inggris. Untuk itu disini kami akan memberikan beberapa tips agar anda dapat membuat artikel berbahasa inggris.Hal pertama yang wajib anda lakukan adalah menginstal aplikasi atau software bernama Grammarly. Mengapa wajib untuk menginstall aplikasi ini, karena ini salah satu aplikasi yang sangat baik untuk membantu andamengoreksi setiap kesalahan kosakata pada artikel bahasa Inggris yang nantinya akan Anda buat.Jika sudah buatlah terlebih duhulu artikel bahasa Indonesia pada MsWord di komputer Anda. Kemudian pada browser yang sudah terinstal aplikasi Grammarly, buka dua tab sekaligus halaman Google Translate.Pada halaman Google Translate yang pertama, masukkan satu persatu paragraf dari artikel yang sebelumnya sudah Anda persiapkan. Pilih mode bahasa Indonesia. Secara otomatis akan muncul hasil translate dalam bahasa Inggris pada kotak sebelah kanan.Salintulisan tersebut dan letakkan pada halaman Google Translate yang kedua. Pilih mode English. Akan muncul terjemahan dalam bahasa Indonesia.Setelah terjemahan bahasa Indonesianya sudah  enak untuk di baca, buat dokumen baru pada MsWord, salin dan pindahkan paragraf yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris tersebut.Sebelum anda memposting artikel tersebut sebaiknya anda melakukan pengecekan terlebih dahulu di aplikasi copyscape atau siteliner. Hal ini untuk memastikan artikel yang Anda buat adalah original.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *