16Dec

Tips Bisnis Rental Mobil dengan Modal Kecil di Jogja

Memiliki kendaraan mobil untuk di investasikan agar menghasilkan profit adalah hal yang cerdas. Untuk itu jika anda menginginkan untuk terjun ke dunia bisnis rental mobil, maka setidaknya anda harus mempunyai kendaraan mobil dengan berbagai cara. Anda tak perlu jauh-jauh untuk memiliki unit armada dengan jumlah yang banyak. Bekal yang paling pokok adalah anda mengerti manajemen bisnis serta bagaimana teknik promosi paling jitu sehingga menghasilkan profit yang maksimal.Banyak orang takut masuk ke bisnis sewa mobil karena takut dengan kalkulasi harga mobil yang cukup fantastis untuk ukuran pengusaha pemula. Bayangkan saja untuk mobil baru kita minimal mengeluarkan 100 juta. Untuk menjawab pertanyaan ini maka dalam artikel ini langsung akan memberikan contoh dokumen proposal analisa peluang usaha rental mobil pribadi tanpa menggunakan modal ke pelanggan perusahaan dan juga pelanggan rumahan, bisnis dengan modal kecil ini akan menjanjikan keuntungan yang besar apalagi kalau anda beroperasi di daerah perkotaan misalnya Bandung, Bali, Surabaya, Jakarta, Yogyakarta, Solo, Banten, area wisata dan lainya. asalkan anda berani menanggung resiko maka semuanya akan berjalan dengan semestinya.

 

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Rental Mobil

Tips apa saja yang harus dilakukan para pemula dalam menjalankan bisnis rental mobil ini. Apalagi persaingan dalam dunia rental mobil di kota maju semakin ketat. Sebagai pengusaha jasabisnis rental mobil, tentu tidak hanya melihat potensi keuntungan yang dapat dikeruk saja, namun harus memperhatikan juga faktor penting lain, yaitu tingkat persaingan yang terjadi, cara memenangi persaingan tersebut, dan juga risiko-risiko yang ditimbulkan dari usaha jasa tersebut.Di sisni akan dipaparka beberapa tips yang dapat anda pertimbangkan yaitu:

  1. Lokasi usaha. Pilihlah lokasi usaha jasa rental mobil yang strategis. Lokasi yang menjadi palang pintu pertama dalam hal merangkul para calon pelanggan adalah di sekitar bandara udara, stasiun kereta, pelabuhan, dan hotel-hotel besar.
  2. Fleksibel. Fleksibel di sini artinya dapat memenuhi apa yang diinginkan pelanggan, sesuai kebutuhan pelanggan.
  3. Mobil irit. Pilihlah mobil yang relatif irit bahan bakar, awet, serta ringan biaya perawatan dan perbaikannya.
  4. Jaminan asuransi. Jangan abaikan masalah asuransi. Ini penting untuk meminimalisasi berbagai risiko tak diharapkan yang timbul dalam menjalankan usaha jasa rental mobil ini.
  5. Bengkel mitra. Akan menguntungkan jika memiliki partner bengkel servis yang lokasinya tidak jauh dari lokasi usaha Anda. Hal ini dapat meminimalkan biaya perawatan dan perbaikan mobil-mobil Anda.
  6. Data lengkap. Catat dan mintalah data yang lengkap dan updatedari setiap pelanggan, terutama penyewa baru. Ini untuk mengantisipasi jika terjadi penyelewengan, sehingga akan lebih mudah dalam melacak. Terlebih mobil rental Anda dilengkapi dengan peranti GPS.
  7. Sopir pilihan. Jika jasa rental mobil Anda dilengkapi layanan sopir, maka pilihlah sopir yang tidak hanya menguasai medan jalan-jalan, tapi juga ramah, sopan, dan memiliki gaya menyetir yang halus. Selain memberikan kenyamanan ke pelanggan, mobil pun akan lebih awet.
  8. Promosi cerdas. Lakukan promosi secara efektif melalui berbagai media dan sarana, salah satunya adalah internet. untuk memudahkan pengguna bertransaksi dan melakukan pemesanan.
  9. Tambah armada. Secara bertahap, upayakan untuk menambah jumlah armada dengan cara menyisihkan hasil keuntungan untuk mengembangkan usaha anda.

 

Hambatan dalam Menjalankan Bisnis Rental Mobil

Sebagai pengusaha jasabisnis rental mobil, tentu tidak hanya melihat potensi keuntungan yang didapat saja, namun harus memperhatikan juga faktor penting lain, yaitu tingkat persaingan yang terjadi, cara memenangi persaingan tersebut, dan juga risiko-risiko yang ditimbulkan dari usaha jasa tersebut. Risiko yang sering terjadai adalah mobil dibawa kabur penyewa, mobil mengalami kecelakaan, mobil digunakan untuk tindak kriminal sehingga terjerat kasus sebagai barang bukti, mobil rusak karena bencana, hingga kerusakan akibat pemakaian.Soal mobil dibawa kabur bisa dicegah dengan menahan kartu identitas penyewa dan meminta duit jaminan, misalnya Rp 500-ribu-Rp 1 juta untuk rental mobil jogja. Pasang juga perangkat keamanan pada mobil, contohnya alarm, kunci setir, dan GPS tracker.Adapun soal mobil rusak bisa diatasi dengan ikut asuransi. Pastikan kita paham seluk-beluk asuransi kendaraan agar klaim tidak ditolak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *