09Nov

Dalil tentang Kematian dalam Alquran

Adakah manusia yang bisa hidup kekal? Akankah kemajuan teknologi akan bisa menciptakan manusia-manusia yang kekal? Pertanyaan semacam ini sungguh sangat menggelitik. Semaju apa pun teknologi, tidak ada satu manusia pun yang bisa hidup kekal. Kekelasan hanya ilusi dan dongeng yang membuat manusia berbuat ingkar dan sombong. Padahal, dalil tentang kematian telah tertulis secara rinci dalam Alqur’an dan hadits. Tidak ada satu manusia pun yang bisa mengelak dari kematian ketika ketetapan-Nya sudah diputuskan. Sebagai umat Islam, mengingat tentang kematian menjadi suatu hal yang baik dan disarankan oleh Allah. Bacalah penjelasan sampai akhir untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah.

Dalil tentang Kematian yang Termakhtub dalam Alquran

  1. Al Jumu’ah Ayat 8

Adakah seseorang yang bisa lari dari kematian? Pertanyaan ini dijawab dalam dalil tentang kematian di Alquran surat Al Jumu’ah ayat 8. Sejauh apa pun manusia lari dari kematian, kematian akan terus menemuinya karena setiap yang hidup pasti akan kembali kepada Allah. Hanya Allah-lah yang Maha Mengetahui yang ghaib maupun yang nyata.

 

  1. As Sajdah Ayat 11

Allah akan mengutus malaikan maut untuk mengambil jiwa manusia. Maka, malaikat maut ini tidak akan pernah lalai atas kewajibannya. Setiap jiwa manusia yang diambil oleh malaikan maut akan dikembalikan lagi ke tangan Allah.

 

  1. Az Zumar Ayat 30

Dalam ayat ini, kematian kembali ditegaskan. Satu orang manusia akan mati, kemudian mereka pun akan mati juga dan kembali ke sisi-Nya.

 

  1. Az Zumar Ayat 42

Masih dalam surat Az Zumar, pada ayat 42 dijelaskan bahwa Allah selalu memegang jiwa manusia ketika dalam matinya ataupun dalam tidurnya. Alllah akan menahan jiwa orang yang telah ditetapkan waktu kematiannya dan akan melepaskan jiwa yang belum sampai ketetapannya. Allah selalu menjaga setiap ummat-Nya dan itulah tanda kebesaran-Nya.

 

  1. Al Munafiqun ayat 11

Pada ayat ini, dijelaskan bahwa Allah tidak akan pernah menangguhkan kematian seseorang ketika ketetapan itu telah tiba pada waktunya. Allah pun akan mengenal tiap pekerjaan yang dikerjaan oleh ummat-Nya.

 

  1. Yasin Ayat 12

 

Dalam surat Yasin yang selalu kita baca setiap hari Jumat pun dijelaskan bahwa kehidupan tidak berakhir ketika seseorang telah meninggal. Manusia akan kembali dibangkitkan dari kuburnya. Kemudian Allah akan menuliskan apa yang sudah mereka kerjakan.

 

 

Dalil tentang Kematian dan Kehidupan Setelah Mati

Dalam Islam, kita tentu mengenal kehidupan setelah mati. Allah menjanjikan surga dan neraka bagi makhluk-Nya. Surga dan Neraka ini akan menjadi kehidupan kekal makhluk hidup. Mereka yang selama hidup di dunia lebih banyak mengerjakan kebaikan, maka mereka akan ditempatkan di surga yang paling baik. Sementara mereka yang semasa hidupnya selalu berbuat jahat, Allah pun telah menyiapkan neraka sebagai balasannya. Mengingat kehidupan setelah mati akan membuat manusia sadar dan tidak lagi berbuat semena-mena selama hidup di dunia. Sungguh penyesalan akan benar-benar datang jika manusia itu lalai.

 

Dalam Alrquran dan hadist, dalil tentang kematian dan kehidupan setelah mati telah tertulis dengan jelas. Mengkaji dan mengamalkan dalil tersebut akan menjadi bekal kita untuk hidup lebih baik lagi di dunia ini. Cara lain agar kita tetap mengingat kehidupan setelah mati adalah dengan sering berziarah. Dengan berziarah di linkvazi Al Azhar Memorial Garden Karawang linkvazi. Melihat mereka yang telah mendahului kita akan membuat kita sadar dan kembali beriman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *