17Dec

Mengamalkan Doa Agar Anak Sholeh dan Sukses

Sebagai orang tua pasti ingin anaknya sholeh/sholehah, menurut kepada orang tua, karena anak yang sholeh/hah adalah dambaan bagi setiap orang tua. Hanya anak yang sholeh sholeha, yang bisa mendoakan kedua orang tuanya baik saat masih hidup maupun sudah meninggal.Maka dari itu, sebagai orang tua hendaklah kita tidak membentaknya saat masih berumur 10 tahun ke bawah, melainkan selalu mengucapkan hal-hal yang baik kepada anak-anak kita, Karena ucapan adalah doa dan doa orang tua adalah doa yang mustajab.Karena tempat anak belajar dan membentuk karakteristik pertama adalah keluarga, Nah untuk itu supaya anak kita menjadi anak yang sholeh/hah maka bekalilah mereka dengan ilmu-ilmu agama yang benar.Bisa juga di masukkan ke dunia pesantren, diniyah, TPA. selain itu kita sebagai orang tua harus mendoakannya kepada Allah SWT, memohon supaya anak-anak kita menjadi anak yang pintar dan sholeh/sholeha berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa. Maka tak heran jika semua orang tua berdoa agar anak sholeh dan sukses.

Doa Agar Anak Sholeh dan Sukses dari Para Nabi

Jadi anak sholeh bukan hanya anak yang sopan santun perilaku serta taat kepada dua orang tua. Tetapi lebih utama dari itu yakni anak sholeh adalah anak yang selalu menjaga agamanya, yaitu anak yang taat kepada Allah Swt.Mereka juga harus mengetahui tentang kewajiban sebagai hamba allah serta mengetahui tanggung jawab terutama pada agamanya.Seperti menjaga : Akhlaknya, Ibadahnya, dan syariatmya serta menjaga segala amalan setiap harinya seperti menjaga akhlak pergaulan, berpakaian, dan perkataan. Ciri-ciri anak Sholeh adalah Seperti sepenggal hadist di atas yaitu selalu taat kepada Alah swt serta pada Rasul. Senantiasa berbakti kepada kedua orang tua dan selau mendoakan kedua orang tua. Jika berbicara dengan orang tua tidak melotot atau menatap. Mau untuk mengurus orang tuanya ketika sudah lanjut usia. Tidak mengeluh atas apa kekuranganny. Jika ingin memberikan nasihat kepada kedua orang tua, berbicara dengan sopan. Seandainya orang tua menyakiti, dia membalas dengan kasih sayang, sabar, baik sangka, tawakkal serta tetap mendoakannya. Mudah untuk memaafkan kesalahan apabila orang tua melakukan kesalahan. Tidak menghitung dalam kebaikan serta harta. Selalu membuat orang tua tersenyum, bahagia dan tidak memuat sedih atau kecewa. Tak dipungkiri orang tua harus selalu berdoa agar anak sholeh dan sukses seperti para Nabi dan sahabatnya.

Pengamalan Doa Agar Anak Sholeh dan Sukses

Kita berikan pengarahan dalam pendalaman beragama dan tentu saja kita selalu memberikan anak kita sebagai doa orang tua untuk anak. Demikian kita sebagai orang tua kita haruslah semaksimal mungkin untuk memperhatikan karakteristik dan pergaulannya. Jika anak kita memiliki sifat yang keras maka kita harus memberikan contoh yang lemah lembut. Jika pergaulannya dengan orang-orang yang salah jalan kita harus memberikan arahan-arahan agar tidak ikut terjerumus didalamnya sebisa mungkin untuk menjauhkan dari pergaulan tersebut dengan memberinya kegiatan-kegiatan yang positif. Selain memberi contoh orang tua berdoa agar anak sholeh dan sukses di kemudian hari. Memiliki anak yang cerdas selalu beruntung serta sukses merupakan dambaan bagi setiap orang tua. Siapapun bisa memiliki anak cerdas dengan mendidik yang baik dan selalu ber-doa untuk anak kepada Allah SWT supaya di berikan anak yang cerdas dan sholeh. Sebelum anak dewasa orang tua dapat juga memanjatkan doa untuk anak yang baru lahir agar anak tersebut selalu dalam lindungan Allah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *