07Dec

Masjid Termegah Di Dunia Kedua Setelah Masjidil Haram

Kita tahu bahwa masjid termegah di dunia ini adalah Masjidil Haram. Masjidil Haram merupakan masjid terbesar dan termegah yang ada di negara Saudi Arabia, Masjidil Haram memiliki perombakan besar- besar dizaman khalifah dan tabiin, hingga kembali mengalami perombakan lagi setelah ada banyak insiden haji. Masjidil Haram merupakan masjid yang didalamnya terdapat ka’bah, bangunan megah dan besar ini mengelilingi ka’bah. Setiap tahun masjid Al- Haram dikunjungi oleh muslim dari penjuru dunia yang akan beribadah haji, kapasitas masjid ini bisa mencapai 2 juta, sehingga bisa anda bayangkan seperti apa luas bangunan masjid ini. Selain Masjidil Haram, ada satu masjid lagi yang sangat populer di negara Saudi Arabia. Masjid tersebut adalah Masjid An- Nabawi yang ada di kota Makkah, masjid Nabawi ini merupakan masjid kedua yang dibangun oleh nabi Muhammad saw.

dw.com

Masjid Termegah Di Dunia Kedua

Masjid termegah di dunia kedua adalah masjid An- Nabawi. Masjid ini menjadi masjid terbesar didunia juga, karena mampu menampung kapasitas hingga 1 juta orang. Banyak orang yang datang ke masjid ini setelah mengunjungi masjid Al- Haram. Sejarah berdirinya masjid ini adalah berawal dari nabi hijrah ke Madinah setelah orang- orang mengejar nabi, nabi membangun masjid Nabawi ini sebagai pusat penyiaran agama islam ketika beliau hijrah. Awalnya masjid ini hanyalah bangunan terbuka kemudian mengalami perombakan hingga menjadi masjid yang sangat megah. Untuk arsitektur masjid An- Nabawi berbentuk persegi yang tidak teratur, berikut adalah bagian- bagian yang bisa anda temui di masjid Nabawi :

  • memiliki atap rata dan memiliki kubah berjumlah 27 yang bisa di geser. Jika kubah- kubah tersebut digeser maka akan memberikan cahaya yang lebih yang ada didalamnya. juga terdapat payung- payung membentuk pilar yang akan menambah estetika masjid Nabawi.
  • Bahkan ada tangga dan escalator untuk menghubungkan kita ke atap. Jika anda berkunjung ke masjid ini maka anda akan melihat betapa indahnya masjid Nabawi,
  • selain itu anda juga bisa melakukan ziarah, nabi Muhammad saw dahulu dimakamkan di bekas kamar Siti Aisyah, kemudian sahabat nabi yaitu Abu bakar dan Umar juga dimakamkan ditempat tersebut, kemudian karena perluasan masjid maka ketiga makam ini berada di dalam masjid. Sedangkan sahabat lainnya termasuk istri nabi Aisyah dimakamkan di pemakaman umum Baqi, dahulu tempat ini cukup jauh, tetapi sekarang bersebelahan dengan masjid.
  • Didalam masjid Nabawi anda akan menemukan dua mihrab, satu dibangun oleh nabi Muhammad, dan satunya lagi dibangun oleh khulafaurrasyidin yang ketiga yaitu Utsman bin Affan, didalam masjid Nabawi anda juga akan menemukan tempat suci lainnya, yaitu mihrab Fatimah dan mihrab al- tahajjud.
  • Selanjutnya anda juga akan menemukan mimbar, merupakan mimbar asli yang digunakan oleh nabi Muhammad, mimbar ini terbuat dari balok kayu kurma. Memiliki dimensi 59 sentimeter x 125 meter.
  • Minaret pertama berjumlah 4 yang dibangun oleh Umar, kemudian pada tahun 1994 minaret dibangun lagi hingga berjumlah 10 buah dengan tinggi 104 meter.

Pesona Masjid Termegah Di Dunia

Banyak orang yang melihat keindahan masjid dari kubah yang digunakannya, jika anda ingin membangun sebuah masjid maka anda harus memperhatikan kubah yang akan anda pakai. Pastikan anda membeli kubah di tempat jual kubah masjid yang sudah anda percaya. Dan pesona yang dimiliki oleh masjid termegah di dunia kedua yaitu Masjid An- Nabawi adalah bahwa ada banyak hadist yang menyebutkan barang siapa yang sholat di masjid Nabawi maka akan mendapat pahala lebih besar 1000 kali dibanding sholat di masjid lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *