08Dec

Belum Tahu Cara Menanam Jagung ? Baca Artikel Ini!

Cangkul..cangkul…cangkul..yang dalam..menanam jagung di kebun kita..Masih ingatkah kita dengan lagu tersebut? Ya,..lagu ini mengajarkan kita menanam jagung. Jagung adalah salah satu bahan makanan yang kerap kita konsumsi. Di sebagian wilayah negeri ini, jagung merupakan makanan pokok masyarakatnya. Bahkan jaman dahulu makanan pokok nasi, dicampur dengan jagung. Tanyalah pada generasi di atas kita, pasti banyak dari mereka yang menyukai nasi jagung hingga sekarang. Jenis jagung pun beragam, jagung manis, jagung baby corn, jagung warna-warni, jagung hibrida, jagung bisi 2, dan jenis lainnya. Selain nasi jagung, banyak variasi jenis makanan yang muncul antara perpaduan jagung dengan bahan lainnya atau bentuk lain. Contohnya, popcorn, martabak jagung, jagung susu, jagung bakar dicampur mentega, saus, perisa jagung untuk campuran kentang, bahkan es krim pun memiliki rasa jagung.

Cara Menanam Jagung

Tahapan dalam menanam jagung meliputi beberapa tahapan. Pertama, memilih varietas bibit jagung. Dalam pemilihan bibit jagung, dianjurkan kita memilih bibit yang bagus di toko terdekat atau ke petani langsung, bahkan toko onlinepun ada. Kedua, mengolah lahan dan termausk membersihkan gulma. Lahan menentukan pertumbuhan jagung. Pastikan tanah yang anda akan ditanami jagung harus benar-benar subur dan mengandung unsur hara melimpah. Jagung tergolong pada tanaman yang tidak susah. Jagung bisa di tanam di bagian tanah andosol, latosol atau grumosol dan jenis tanah lainnya. pH yang sesuai untuk jagung 5,6 – 7,5. Pastikan beberapa tanah yang ada disekitar kita terpenuhi, dan jika anda baru membuka lahan maka pupuk dan lahan harus dilakukan terlebih dahulu. Lihat dulu kesuburan tanah yang anda miliki jika di rasa memang kekurangan unsur hara dan tidak terdapat humus. Selanjutnya, menanam jagung di lahan. Biasanya petani lokal menggunakan jarak tanam antara 100 cm x 40 cm dan berikan 2 biji pada satu lubang tanam. Untuk kedalaman lubang tanamnya anda bisa menggunakan 3 – 5 cm. Terakhir, memberi pupuk ke tanaman jagung, hingga memelihara jagung hingga panen. Dalam proses pemeliharaan sebelum panen terdapat beberapa detil yang harus diperhatikan seperti : penyulaman, penjarangan, pembubunan, dan pengairan. Penyulaman dilakukan saatada jagung yang terhambat pertumbuhannya dan harus diganti dengan tanaman yang baru. Penyulaman tidak boleh sampai terlambat (jangan lebih dari 1 minggu). Penjarangan dilakukan pada jagung yang sudah berumur 1 minggu. Pembubunan dilakukan dengan cara menggali parit antar bedengan dan tanah dibalik pada bagian perakaran tanaman. Hal ini bermanfaat supaya tanaman jagung tidak mudah rebah dan membuat jagung lebih kokoh untuk menompang batang dan calon buah yang akan tumbuh. Galian pada parit memungkinkan air untuk masuk dan air itu akan diserap oleh tanaman dengan mudah. Ada beberapa fase jagung sangat membutuhkan sekali air dan mereka lebih mengutamakannya. Pada fase bunga akan tumbuh berkisar antara usia tanaman 45 – 55 hari setelah tanam dan anda harus menyediakan air.

Cara Memaksimalkan Proses Menanam Jagung

Jagung dan Bibit Durian  termasuk tanaman yang tidak terlalu sulit untuk budidaya atau menanam jagung bukan.? Tapi, bukan berarti tidak memerlukan bahan penunjang lainnya. Menanam jagung tetap perlu pupuk. Manfaat pupuk bagi budidaya jagung antara lain menambah kualitas tanah yang membuat jagung kita tambah subur, menghilangkan hama, meningkatkan mutu atau kualitas jagung. Pupuk yang bisa kita gunakan seperti produk dari Nasa. Kita bisa mendapatkannya di agen Nasa terdekat atau pesan ke alamat kita. Dosisnya antara lain. Tunggu apa lagi segera pakai produk Nasa untuk panen jagung yang lebih baik !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *