22Dec

Nuzulul Quran Malam Diturunkannya Alquran

Sebagai umat islam yang selalu patuh dan taat sudah seharusnya sellau menjalankan perintah dan menghindari laranagn-Nya. Banyak sekali perintah perintah dan larangan yang terdapat pada agama islam itu sendiri. Segala aturan tersebut didasari dari kita suci agama islam, yaitu Alquran. Alquran merupakan kitab suci yang tidak turun begitu saja. Namun diturunkan berangsur angsur untuk waktu yang lumayan lama. Proses penurunan Alquran tersebut dinamakan sebagai nuzulul quran . Lebih luasnya lagi yang dimaksud dari nuzulul quran merupakan penuruan Alquran dari Allah ke bumi namun melalui beberapa tahapan dahulu. Sebelum Alquran diturunkan, kitab suci tersebut berada di tempat yang sama dengan Allah SWA, yaitu Lauh Mahfudz. Lalu kemudian ditunkan ke langit langit di atas bumi. Setelah itu baru dilanjutkan diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw melalui bantuan malaikat jibril dan potongan ayat Alquran tersebut biasanya disebut dengan wahyu. Dengan diturunkannya wahyu tersebut selama beberapa waktu yang lumayan lama atau sekitar 22 tahun 2 bulan 22 hari. Selama itu Nabi Muhammad menerima wahyu di berbagai tempat yang tidak terduga sehingga untuk mencatat potongan ayat tersebut biasanya dilakukan pada lembaran daun kurma atau media media lain yang dapat digunakan untuk menulis.

Keistimewaan Malam Nuzulul Quran

            Malam nuzulul quran adalah malam yang biasanya terdapat pada hari ke-17 pada bulan Ramadhan. Malam ini merupakan malam yang sangat luar biasa karena merupakan malam yang dimana Alquran diturunkan ke muka bumi melalui perantara nabi Muhammad Saw. Selain itu Alquran merupakan kitab suci agama yang didalamnya berisikan aturan dan ajaran yang dapat dijadikan pedoman hidup umat muslim. Selain itu dengan Alquran juga dapat memebrikan kesejahteraan hidup di dunia maupun di akhirat. Sungguh banyak sekali kelebihan dari Alquran tersebut. Selain itu umat islam juga diwajibkan untuk membaca dan mengamalkannya walaupun satu ayat saja. Kembali lagi kepada malam nuzulul quran atau yang biasa disebut dengan lailatul qadar. Selain merupakan malam diturunkannya Alquran. Ternyata mala mini meruapakan malam yang memiliki keistimewaan. Berikut ini adalah penjelasannya.

  • Malam nuzulul quran lebih baik dari 1000 bulan

Seperti yang sudah sering didengar bahwa malam tersebut adalah malam yang sangat istimewa. Keitimewaan tersebut terletak pada pahala dari amal perbuatan yang dilakukan. Pada malam nuzulul quran segala amal perbuatan yang dilakukkan merupakan amalan yang lebih baik dibandingkan jika melakukkan amalan tersebut selama 1000 bulan. Misalnya saja berpuasa Ramadhan maka pahala yang diperoleh akan senilai dengan berpuasa Ramadhan selama 1000 bulan lamanya.

  • Malam yang penuh keberkahan

Di dalam alquran juga sudah diterangkan bahwa Allah menurunkan sesuatu pada suatu malam dan pada malam tersebut akan mendapat keberkahan. Maka dari itu di malam nuzulul quran merupakan malam yang penuh keberkahan dan lebih baik digunnakan untuk mencari pahala.

  • Diampuni dosa dosa

Bagi yang melakukan ibadah penuh pada malam nuzulul quran dengan ikhlas maka akan diampuni segala dosa dosanya. Namun letak malam tersebut adalah rahasia Allah SWA dan sudah menjadi tugas umatnya untu berusaha mendapatkan kemulian dari malam tersebut.

Cara mendapatkan kemuliaan nuzulul quran

            Malam nuzulul quran merupakan malam yang berada di sekitar hari ke-17 dari bulan Ramadhan. Untuk tepatnya tidak ada makhluk Allah yang tahu sehingga memerlukan usaha untuk mendapatkannya. Tak sedikit orang yang rela beritikaf di masjid seharian hingga berhari hari untuk mendapatkan kemuliann tersebut. Biasanya yang dilakukkan adalah membaca Alquran hingga khatam berkali kali. Namun apakan bacaan Alquran yang dibaca sudah sesuai dengan hukum bacaan tajwid dalam Alquran? Akan sangat disanyangkan jika berkeinginan mendapatkan kemualiaan malam tersebut malah dirusah karena cara membaca yang salah. Maka dari itu sebagai jalan keluar masih bisa belajar dengan menggunakan speaker alquran yang nantinya berisikan rekaman suara murotal atau mujawwad yang sesuai dengan hukum bacaan. Dengan alat tersebut merupakan salah satu cara yang dapat membantu untuk memperoleh kemuliaan malam nuzulul quran.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *