03Dec

Mengenal Faktor Penyebab Sesak Nafas Tiba Tiba

Ada banyak hal yang menjadi faktor penyebab sesak nafas yang menjadi faktor penyebab sesak nafas tiba tiba. Sesak nafas merupakan penyakit yang sangat rentan untuk diderita oleh siapapun dan tidak memandang siapa yang diserang. Dsypnea atau sesak nafas adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi saluran pernafasan dimana tubuh mengalami kekurangan oksigen yang memang sangat penting bagi tubuh. Kekurangan oksigen akan mengakibatkan suara mengi saat kita bernafas. Kekurangan oksigen secara terus menerus akan sangat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh manusia. Pada umumnya ada dua jenis sesak nafas yang biasa dialami oleh manusia. Yang pertama adalah sesak nafas panjang. Yaitu esak nafas yang terjadi dalam kurun waktu yang panjang bahkan berminggu-minggu dan menyerang secara mendadak. Serangan sesak nafas panjang biasa disebut dengan asma. Yang kedua, penyakit sesak nafas pendek. Sesak nafas ini adalah sesak nafas yang menyerang dengan jangka waktu yang pendek. Penyakit pernafasan ini bisa menyerang saat kita berolahraga, berpergian, istirahat, dan saat kondisi badan tidak fit.

Ayo Kenali Faktor Penyebab Sesak Nafas Tiba Tiba

Banyak kasus serangan sesak nafas yang terjadi secara tiba-tiba. Sesak nafas adalah kondisi dimana pasokan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh menipis karena ada masalah pada saluran pernafasan seperti penyempitan saluran pernafasan, infeksi pada paru-paru dan infeksi pada jantung. Serangan yang mendadak ini pada dasarnya dapat terjadi karena beberapa sebab. Namun memang pada kasus serangan sesak nafas secara tiba tiba akan sangat merepotkan bahkan akan membuat penderitanya melakukan kesalahan dalam penanganannya. Sesak nafas merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya bahkan dapat mengakibatkan gangguan pada otak dan yang paling parah adalah kematian. Oleh karena itu akan sangat berbahaya jika penyakit sesak nafas tidak ditangani secara tepat dan cepat. Sehingga mungkin ada faktor pencegahan yang perlu kalian lakukan. Faktor pencegahan ini adapat kalian lakukan dengan mebawa obat esak nafas baik obat sesak nafas kimia maupun obat herbal sesak nafas. Dan yang juga harus dilakukan lagi adalah memahami faktor penyebab sesak nafas. Dan berikut adalah faktor penyebab sesak nafas tiba tiba:

  1. Serangan jantung. Serangan jantung adalah penyakit yang terjadi secara tiba-tiba. Dan serangan jantung juga akan mengakibatkan serangan sesak nafas. Karena pada saat kondisi serangan jantung terjadi gangguan pada jantung dan jantung merupakan alat pernafasan dan tempat memproduksi oksigen sehingga saat terjadi serangan jantung juga otomatis akan terjadi serangan sesak nafas.
  2. Lingkungan yang berdebu. Lingkungan yang berdebu akan meningkatkan resiko terjadi serangan jantung. Khususnya pada para pendrita asma. Serangan ini terjadi karena kualitas oksigen yang tidak baik dan mengakibatkan infeksi pada saluran pernafasan.
  3. Kehamilan menjadi salah satu faktor terjadinya serangan sesak nafas secara tiba-tiba. Karena pada masa kehamilan terjadi perubahan hormon dan organ pada tubuh. Seperti peningkatan hormon protesteron, bertambahnya ukuran janin yang mengakibatkan paru-paru menjadi tertekan dan juga karena stres yang dialami ibu hamil cukup tinggi.
  4. Penyakit maag dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya serangan sesak nafas secara tiba-tiba. Hal ini terjadi karena smaag akan mengakibatkan volume lambung membesar dan mendesak posisi paru-paru.

 

Mengenal Penyebab Sesak Nafas Tiba Tiba Sebagai Pencegahan

Dengan kata lain dengan mengenali faktor penyebab sesak nafas tiba tiba kalian bisa memperkirakan kapan kalian berpotensi terkena serangan sesak nafas. Sehingga kalian bisa melakukan pencerahan.

 

.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *