08Nov

Macam Macam Sayuran Penurun Kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan penyakit yang tidak asing lagi di dengar oleh setiap orang. Penyakit ini disebabkan karena tingginya kadar lemak jahat pada tubuh. Lemak dalam tubuh dibagi menjadi dua, yaitu HDL yang merupakan lemak baik bagi tubuh, sedangkan yang satunya adalah LDL yang merupakan lemak jahat dan bersifat padat dan sulit untuk diurai. Lemak jahat ini bila terlalu banyak terdapat pada aliran darah lama lama akan menyebabkan pengendapan pada dinding pembuluh darah sehingga menjadi plak dan menyebabkan penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung. Penyakit jantung dapat terjadi jika pengendapan banyak terjadi di daerah jantung sehingga menghambat proses pemompaan darah dari jantung ke seluruh tubuh. Kemungkinan paling buruk untuk mengobati penyakit jantung yang dikarenakan plak lemak adalah dengan melakukan operasi pemasangan ring pada pembuluh darah yang terdapat plak agar dapat lancar kembali. Namun cara tersebut sanagt beresiko tinggi. Namun sebelum hal tersebut terjadi lebih baik mencegahnya dengan mengonsumsi makanan seperti sayuran penurun kolesterol .

Sayuran Penurun Kolesterol

Sayuran merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan jenis makanan lain. Banyak kasus penyakit yang dikarenakan karena jarangnya mengonsumsi sayuran seperti halnya kolesterol. Untuk kasus kolesterol sendiri, sayuran dapat menjadi linkvazi obat kolesterol herbal linkvazi yang baik karena untuk mengonsumsinya tidak akan mengakibatkan dampak negative apa pun.Berikut ini adalah berbagai sayuran penurun kolesterol yang dapat dimasukan ke menu untuk menurunkan kolesterol yang terdapat pada tubuh.

  • Wortel

Jamur merupakan sayuran yang kaya akan betakaroten yang baik untuk mata. Namun selain itu, sayuran juga dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh dengan cara menjadikannya menjadi jus yang diminum setiap harinya.

  • Rumput laut

Rumput laut adalah sayuran yang penanamannya dilakukan di laut. Tak hanya dapat dijadikan sebagai agar agar dan memiliki banyak serat. Ternyata rumput laut dapat mengatasi permasalahan kolesterol yang tinggi dengan cara mengeringkannya lalu menggilingnya. Hasil gilingan tersebut lalu diseduh dengan menggunakan air panas dan diminum setiap hari. Sangat mudah bukan. Untuk informasi tambahan, penggilingan dapat dilakukan menggunakan blender untuk menggiling bumbu dapur.

  • Bawang putih

Sudah dilakukan banyak penelitian oleh para peneliti untuk khasiat bawang putih terhadap penurunan kolesterol. Menurunkan kolesterol dapat dilakukan secara cepat jika kera mengonsumsi bawang putih ini. Caranya dapat dengan memasukan bawang putih ke setiap makanan atau masakan.

  • Buah apel

Apel adalah buah yang paling mudah dijumpai di mana saja karena buah ini tidak memiliki musim tersendiri untuk memanennya. Selain antioksidannya yang tinggi, apel juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.Caranya adalah dengan mengonsumsinya secara langsung beserta kulitnya. Karena pada kulit tersebutlah terdapat antioksidan yang baik untuk tubuh juga.

  • Buncis

Buncis adalah sayuran yang enak dan memiliki rasa manis etelah dimasak. Disamping rasanya yang enak ternayat buncis juga dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dengan cara merebusnya lalu memakannya seperti menjadikannya sebagai camilan. Untuk merebusnya jangan terlalu lama karena akan menghilangkan khasiat yang ada pada buncis.

Beberapa sayuran penurun kolesterol tersebut dapat dijadikan menu harian untuk mengontrol kaolesterol yang ada pada darah. Namun untuk mengendalikan kolesterol dengan menggunakan sayuran tersebut harus diperhatikan asupan lainnya. Misalnya saja sedang ingin menurunkan kolesterol maka yang harus dilakukan adalah jangan mengonsumsi makanan lain yang dapat memicu tingginya kolesterol tersebut.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *