21Dec

Mengenal Wisata Di Jogja Yang Bersejarah

Sejarah adalah kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Dalam pengertian yang lebih lengkap, sejarah merupakan gambaran tentang peristiwa-peristiwa masa lampau yang dialami oleh manusia, disusun secara ilmiah meliputi urutan waktu, diberi tafsiran dan analisis sehingga mudah dimengerti. Pada tempat wisata di jogja banyak sekali ditemukannya barang peninggalan sejarah. Pengertian peninggalan sejarah adalah benda-benda sisa masa lampau yang mempunyai nilai sejarah dan masih ada hingga kini. Berbagai peninggalan sejarah banyak sekali jenisnya, tersebar di berbagai tempat di Indonesia. Peninggalan sejarah adalah warisan masa lampau yang memiliki nilai sejarah.Peninggalan sejarah berfungsi untuk kita mengetahui apa yang terjadi di masa lalu atau sejarah.Lalu apa itu sejarah,Sejarah adalah Peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Untuk mempelajari peninggalan sejarah anda dapat berkunjung ke kota jogja. Gunakanlah paket tour jogja agar memudahkan anda untuk berlibur dan mengelilingi beberapa tempat bersejarah yang ada di jogja. Hargailah tempat peninggalan sejarah dengan tidak merusak ataupun mengotori tempat tersebut, jagalah kelestarian dari tempat tempat bersejarah yang ada.

Wisata di jogja menjadi sejarah

Selain dikenal dengan wisata di jogja. Jogja juga mempunyai beberapa tempat peninggalan sejarah dari zaman dahulu. Untuk itu berikut beberapa tempat bersejarah di jogja.

 

  • Benteng Vredeburg, merupakan salah satu wisata sejarah yang ada di Jogjakarta, benteng ini merupakan museum perjuangan nasional Indonesia dan kini menjadi salah satu destinasi wisata edukasi baik itu mengenai seni, kebudayaan juga ilmu pengetahuan sejarah.
  • Monumen Serangan Umum 1 Maret. Monumen ini dibangun untuk memperingati serangan umum yang dilakukan pada tanggal 1 Maret 1949. Untuk menuju ke lokasi ini, kamu cukup berjalan lurus dari jalan Malioboro Jogja ke arah selatan hingga ketemu perempatan Kantor Pos Besar Jogjakarta.

 

4 tempat wisata di Jogja yang merupakan peninggalan sejarah

Selain tempat wisata di jogja yang terkenal dan keren. Ada juga beberapa tempat bersejarah yang sekarang dijadikan tempat wisata agar kebanyakan masyarakat dapat belajar dan mengerti sejarah. Banyak dari murid murid yang berstudy tour ditempat ini. Sejarah harus disampaikan oleh generasi generasi setelah kita, agar mereka lebih menghargain jasa pejuang yang telah gugur. Berikut beberapa tempat peninggalan sejarah yang dijadikan tempat wisata.

 

  1. Masjid Gedhe Kauman, Simbol Kejayaan Islam Mataram. Mesjid ini juga disebut sebagai Masjid Raya Kesultanan Yogyakarta. Masjid ini terletak tepat di sebelah barat dari alun – alun Jogja. Masjid Kauman merupakan simbol Kerajaan Islam Mataram, dan masjid ini merupakan masjid tertua di Indonesia karena dibangun pada 29 Mei 1773.
  2. Makam Imogiri, Makam Para Raja Mataram. Makam Imogiri merupakan makam bersejarah yang ada di Yogyakarta, makam Imogiri merupakan komplek pemakaman Raja – Raja Mataram dan juga keluarganya. Makam Imogiri ini didirikan antara tahun 1632 – 1640M oleh Sultan Agung Adi Prabu Hanyokrokusumo yang merupakan Sultan Mataram Ke-3 dan keturunan dari Panembahan Senopati, Raja Mataram Ke – 3.
  3. Museum Dharma Wiratama, Menyaksikan Kehebatan TNI AD. Museum Dharga Wiratama terletak di Jalan Jend. Sudirman No. 75 Yogyakarta.
  4. Museum Batik Dan Sulaman Yogyakarta. Museum yang tertelak di Jalan Dr. Sutomo Jogjakrta ini menyimpan sebanya 1.259 koleksi, terdiri dari kain batik, peralatan membatik seperti canting tulis, canting cat, bahan warna tradisional, malam batik dan juga parafin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *